1. Tuliskan daftar kompetensi dasar yang telah berhasil dibuat dalam kegiatan analisis instruktional.
Contoh dalam mata pelajaran Bahasa Inggris:
2. Buatlah tabel hasil penilaian tes awal
Contoh:
3. Kelompokkan perilaku yang mendapat nilai cukup, sedang, kurang, rendah
4. Buatlah garis batas antara kedua kelompok perilaku tersebut pada bagan hasil analisis instruktional untuk menunjukkan dua hal sebagai berikut :
a. Perilaku yang ada digaris batas adalah prilaku yang dikuasai oleh siswa sampai tingkat cukup baik.
b. Perilaku yang ada di atas garis batas adalah perilaku yang belum dikuasai oleh populasi sasaran atau baru dikuasai dari tingkat sedang, kurang, dan buruk. Perilaku-perilaku itulah yang akan di ajarkan kepada siswa.
5. Buatlah susunan urutan perilaku yang ada diatas garis batas untuk dijadikan pedoman dalam menentukan urutan materi pembelajaran.
JAWABAN
1. Daftar Kompetensi Dasar Materi Pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor Kelas XI TBSM
2. Hasil Penilaian Tes Awal
3. a.
Perilaku yang mendapat nilai
cukup:
1)
Siswa
mampu menyebutkan seluruh komponen-komponen system rem hidrolik dengan benar
2)
Siswa
mampu menjelaskan seluruh fungsi
komponen system rem hidrolik dengan benar
3) Siswa mampu menjelaskan prinsip
kerja komponen system hidrolik berdasarkan buku manual dengan benar
4) Siswa mampu menjelaskan
karakteristik system rem hidrolik berdasarkan buku manual dengan benar
5) Siswa mampu menjelaskan
tanda-tanda kerusakan yang berada pada system rem hidrolik dengan benar
6) Siswa mampu melakukan
perbaikan dan perawatan system rem hidrolik dengan benar dan tepat
b. Perilaku yang mendapat nilai
sedang:
1)
Siswa
mampu menyebutkan sebagian besar komponen-komponen system rem hidrolik dengan
benar
2)
Siswa
mampu menjelaskan sebagian besar fungsi komponen system rem
hidrolik dengan benar
3) Siswa mampu menjelaskan prinsip
kerja komponen system hidrolik tidak berdasarkan buku manual dengan benar
4) Siswa mampu menjelaskan
karakteristik system rem hidrolik tidak
berdasarkan buku manual dengan benar
5) Siswa mampu menjelaskan
tanda-tanda kerusakan yang berada pada system rem hidrolik dengan cukup
6)
Siswa
mampu melakukan perbaikan dan perawatan system rem hidrolik dengan
benar tapi kurang tepat
c. Perilaku yang mendapat nilai
kurang:
1)
Siswa
mampu menyebutkan sebagian kecil komponen-komponen system rem hidrolik dengan
benar
2)
Siswa
mampu menjelaskan sebagian kecil fungsi komponen system rem
hidrolik dengan benar
3) Siswa mampu menjelaskan prinsip
kerja komponen system hidrolik tidak berdasarkan buku manual dengan kurang
lengkap
4) Siswa mampu menjelaskan
karakteristik system rem hidrolik tidak
berdasarkan buku manual dengan kurang lengkap
5) Siswa mampu menjelaskan
tanda-tanda kerusakan yang berada pada system rem hidrolik
6)
Siswa
mampu melakukan perbaikan dan perawatan system rem hidrolik dengan
kurang tepat
d. Perilaku yang mendapat nilai
rendah:
1)
Siswa
mampu tidak mampu menyebutkan komponen-komponen system rem hidrolik dengan
benar
2)
Siswa
mampu tidak mampu menjelaskan
fungsi komponen system rem hidrolik dengan benar
3) Siswa tidak mampu menjelaskan prinsip
kerja komponen system hidrolik berdasarkan buku manual dengan kurang lengkap
4) Siswa tidak mampu menjelaskan
karakteristik system rem hidrolik berdasarkan buku manual dengan kurang lengkap
5) Siswa tidak mampu menjelaskan
tanda-tanda kerusakan yang berada pada system rem hidrolik
6)
Siswa
tidak mampu
melakukan perbaikan dan
perawatan system rem hidrolik
4. a.
Menyebutkan
komponen-komponen system rem hidrolik
b. Menjelaskan
fungsi komponen system rem hidrolik
c. Menjelaskan
prinsip kerja komponen system hidrolik
d. Menjelaskan karakteristik system rem hidrolik
e. Menjelaskan tanda-tanda kerusakan yang berada pada
system rem hidrolik
f. Lakukan perbaikan dan perawatan system rem hidrolik
5. Susunan urutan perilaku yang dijadikan pedoman
menentukan materi pembelajaran:
a.
Pertama,
materi tentang Memahami prinsip
kerja sistem rem hidrolik hanya sekadar diingatkan kepada siswa karena
sebagian besar telah mampu menemukan menuangkan permasalahan tentang system rem hidrolik b. Kedua, materi tentang Merawat berkala sistem rem hidrolik dilakukan berulang-ulang untuk memperlancar kegiatan praktik
No comments:
Post a Comment