SOAL DAN JAWABAN TUGAS MODUL 4 Kegiatan Belajar 2 “Kemampuan Awal Peserta Didik”

Dalam rangka melakukan pengumpulan data untuk menganalisis kebutuhan instruktional maka guru perlu melakukan identifikasi terhadap kemampuan awal peserta didik. Lakukanlah identifikasi kecakapan dasar spesifik peserta didik anda dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut ini:

1. Tuliskan daftar kompetensi dasar yang telah berhasil dibuat dalam kegiatan analisis instruktional.
Contoh dalam mata pelajaran Bahasa Inggris:


 2. Buatlah tabel hasil penilaian tes awal
Contoh:

3. Kelompokkan perilaku yang mendapat nilai cukup, sedang, kurang, rendah
4. Buatlah garis batas antara kedua kelompok perilaku tersebut pada bagan hasil analisis instruktional untuk menunjukkan dua hal sebagai berikut :
a. Perilaku yang ada digaris batas adalah prilaku yang dikuasai oleh siswa sampai tingkat cukup baik.
b. Perilaku yang ada di atas garis batas adalah perilaku yang belum dikuasai oleh populasi sasaran atau baru dikuasai dari tingkat sedang, kurang, dan buruk. Perilaku-perilaku itulah yang akan di ajarkan kepada siswa.
5. Buatlah susunan urutan perilaku yang ada diatas garis batas untuk dijadikan pedoman dalam menentukan urutan materi pembelajaran.

JAWABAN

1.      Daftar Kompetensi Dasar Materi Pelajaran Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor Kelas XI TBSM
 

2.       Hasil Penilaian Tes Awal
 
3.       a. Perilaku yang mendapat nilai cukup:
1)     Siswa mampu menyebutkan seluruh komponen-komponen system rem hidrolik dengan benar
2)     Siswa mampu  menjelaskan seluruh fungsi komponen system rem hidrolik dengan benar
3)     Siswa mampu menjelaskan prinsip kerja komponen system hidrolik berdasarkan buku manual dengan benar
4)     Siswa mampu menjelaskan karakteristik system rem hidrolik berdasarkan buku manual dengan benar
5)     Siswa mampu menjelaskan tanda-tanda kerusakan yang berada pada system rem hidrolik dengan benar
6)     Siswa mampu melakukan perbaikan dan perawatan system rem hidrolik dengan benar dan tepat
b. Perilaku yang mendapat nilai sedang:
1)     Siswa mampu menyebutkan sebagian besar komponen-komponen system rem hidrolik dengan benar
2)     Siswa mampu  menjelaskan sebagian besar fungsi komponen system rem hidrolik dengan benar
3)     Siswa mampu menjelaskan prinsip kerja komponen system hidrolik tidak berdasarkan buku manual dengan benar
4)     Siswa mampu menjelaskan karakteristik system rem hidrolik tidak  berdasarkan buku manual dengan benar
5)     Siswa mampu menjelaskan tanda-tanda kerusakan yang berada pada system rem hidrolik dengan cukup
6)     Siswa mampu melakukan perbaikan dan perawatan system rem hidrolik dengan benar tapi kurang tepat
 c. Perilaku yang mendapat nilai kurang:
1)     Siswa mampu menyebutkan sebagian kecil komponen-komponen system rem hidrolik dengan benar
2)     Siswa mampu  menjelaskan sebagian kecil fungsi komponen system rem hidrolik dengan benar
3)     Siswa mampu menjelaskan prinsip kerja komponen system hidrolik tidak berdasarkan buku manual dengan kurang lengkap
4)     Siswa mampu menjelaskan karakteristik system rem hidrolik tidak  berdasarkan buku manual dengan kurang lengkap
5)     Siswa mampu menjelaskan tanda-tanda kerusakan yang berada pada system rem hidrolik
6)     Siswa mampu melakukan perbaikan dan perawatan system rem hidrolik dengan kurang tepat
 d. Perilaku yang mendapat nilai rendah:
1)     Siswa mampu tidak mampu menyebutkan komponen-komponen system rem hidrolik dengan benar
2)     Siswa mampu tidak mampu menjelaskan fungsi komponen system rem hidrolik dengan benar
3)     Siswa tidak mampu menjelaskan prinsip kerja komponen system hidrolik berdasarkan buku manual dengan kurang lengkap
4)     Siswa tidak mampu menjelaskan karakteristik system rem hidrolik berdasarkan buku manual dengan kurang lengkap
5)     Siswa tidak mampu menjelaskan tanda-tanda kerusakan yang berada pada system rem hidrolik
6)     Siswa tidak mampu melakukan perbaikan dan perawatan system rem hidrolik

4.       a. Menyebutkan komponen-komponen system rem hidrolik

b. Menjelaskan fungsi komponen system rem hidrolik

c. Menjelaskan prinsip kerja komponen system hidrolik

d. Menjelaskan karakteristik system rem hidrolik

e. Menjelaskan tanda-tanda kerusakan yang berada pada system rem hidrolik

f. Lakukan perbaikan dan perawatan system rem hidrolik

 5.       Susunan  urutan perilaku yang dijadikan pedoman menentukan materi pembelajaran:
      a.     Pertama, materi tentang Memahami prinsip kerja sistem rem hidrolik hanya sekadar diingatkan kepada siswa karena sebagian besar telah mampu menemukan menuangkan permasalahan tentang system rem hidrolik  
b.     Kedua, materi tentang Merawat berkala sistem rem hidrolik dilakukan berulang-ulang untuk memperlancar kegiatan praktik

Share:

No comments:

Post a Comment

Blogroll

Popular Post

Labels

Followers

Blog Stats

Blog Archive

Label List


AD (728x90)

Label Cloud

Popular Posts

Labels Cloud

Recent Posts