SOAL DAN JAWABAN TUGAS MODUL 3 Kegiatan Belajar 3.2 “Teori Belajar Konstruktivistik”


SOAL

Coba tuliskan strategi dan langkah-langkah pembelajaran yang dapat bapak/ibu lakukan untuk menerapkan teori belajar konstruktivistik dalam proses pembelajaran?

JAWABAN

Secara konsep teori belajar konstruktivistik guru berperan membantu agar proses pengkonstruksian pengetahuan siswa berjalan dengan lancar. Guru tidak mentransferkan pengetahuan yang telah dimilikinya, melainkan membantu siswa untuk membentuk pengetahuannya sendiri. Guru dituntut lebih memahami jalan pikiran  atau cara pandang siswa dalam belajar, guru tidak dapat mengklaim bahwa satu-satunya cara yang tepat adalah yang sama dan sesuai dengan kemauanya. Implikasi bagi guru dalam mengembangkan tahap kontruktivisme ini terutama dituntut kemampuan untuk membimbing siswa mendapatkan makna dari setiap konsep yang dipelajarinya. Pembelajaran akan dirasakan memiliki makna apabila secara langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan pengalaman sehari-hari yang dialami oleh siswa itu sendiri. Oleh karena itu, setiap guru harus memiliki bekal dan wawasan yang cukup luas, sehingga dengan wawasanya ia selalu dengan mudah memberikan ilustrasi, menggunakan sumber belajar, dan media pembelajaran  yang dapat merangsang siswa  untuk aktif mencari dan melakukan serta menemukan sendiri kaitan antara konsep yang dipelajari dengan pengalamannya.
Strategi dan langkah-langkah yang dapat dilakukan dilakukan oleh guru agar dapat melaksanakan teori belajar konstruktivistik antara lain:
1.  Guru membantu membangun pengetahuan siswa sehingga siswa dapat membangun pengetahuanya sendiri secara aktif. 
2.     Guru mendorong siswa agar proses belajar terpusat pada siswa
3.     Guru membantu  siswa belajar dengan mengajar
4.     Guru menekankan pada siswa bahwa dalam proses belajar lebih pada proses dan bukan pada hasil belajar 
5.     Guru menjadikan siswa lebih berpartisipasi dalam tiap proses pembelajaran
Guru menjadikan dirinya sebagai fasilitator
Share:

No comments:

Post a Comment

Blogroll

Popular Post

Labels

Followers

Blog Stats

Blog Archive

Label List


AD (728x90)

Label Cloud

Popular Posts

Labels Cloud

Recent Posts