SOAL
Setelah bapak ibu melihat video bagaimana teacher Toni menyelesaikan masalah belajar dengan teori Kognitif, cobalah bapak ibu membuat simpulan sebanyak 1 halaman tentang bagaimana cara teacher Toni menerapkan teori Kognitif dalam pembelajaran? Berikan pula komentar bapak/ibu terhadap strategi tersebut!
JAWABAN
Teacher Toni
menyelesaikan masalah pembelajaran di dalam kelas dengan melakukan pendekatan
kognitif. Teori belajar kognitif lebih mementingkan proses belajar dari pada
hasil belajarnya. Tidak seperti model belajar behavioristic yang mempelajari
proses belajar hanya sebagai hubungan stimulus-respon, model belajar kognitif
merupakan suatu bentuk teori belajar yang sering disebut sebagai model
perseptual. Model belajar kognitif mengatakan bahwa tingkah laku seseorang
ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi yang berhubungan
dengan tujuan belajarnya. Belajar merupakan perubahan persepsi dan pemahaman
yang tidak selalu dapat terlihat sebagai tingkah laku yang nampak.
Dalam
pembelajaran yang dilakukan techer Toni menekankan bahwa bagian-bagian dari
suatu situasi saling berhubungan dengan seluruh konteks situasi tersebut.
Memisah-misahkan atau membagi-bagi situasi/materi pelajaran menjadi
komponen-komponen yang kecil-kecil dan mempelajarinya secara terpisah-pisah,
akan kehilangan makna. Pembelajaran yang dilakukan teacher Toni mencakup ingatan,
retensi, pengolahan informasi, emosi, dan aspek-aspek kejiwaan lainnya. Belajar
merupakan aktifitas yang melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks.
Proses belajar yang
dilakukan teacher Toni antara lain mencakup pengaturan stimulus yang diterima
dan menyesuaikannya dengan struktur kognitif yang sudah dimiliki dan terbentuk
di dalam pikiran seseorang berdasarkan pemahaman dan pengalaman-pengalaman sebelumnya.
Menurut hemat kami, teori pembelajaran kognitif sangat
cocok dilakukan, dengan pembelajaran yang mengutamakan proses maka siswa akan
bisa menyerap pelajaran dengan baik sesuai dengan kemampuan dan keahlian
masing-masing, tidak harus memaksakan kompetensi yang tidak mampu dipelajari,
karena teori kognitif memilah-milah dan mengklasifikasikan siswa sesuai dengan
kemampuannya dan membaginya dalam kelompok kecil, selain itu guru sudah
merencanakan proses pembelajaran yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran
kognitif.
No comments:
Post a Comment