SOAL DAN JAWABAN TUGAS MODUL 3 Kegiatan Belajar 2.1 “Analisa Video Kognitif”



SOAL 

Setelah bapak ibu melihat video bagaimana teacher Toni menyelesaikan masalah belajar dengan teori Kognitif, cobalah bapak ibu membuat simpulan sebanyak 1 halaman tentang bagaimana cara teacher Toni menerapkan teori Kognitif dalam pembelajaran? Berikan pula komentar bapak/ibu terhadap strategi tersebut!




JAWABAN

Teacher Toni menyelesaikan masalah pembelajaran di dalam kelas dengan melakukan pendekatan kognitif. Teori belajar kognitif lebih mementingkan proses belajar dari pada hasil belajarnya. Tidak seperti model belajar behavioristic yang mempelajari proses belajar hanya sebagai hubungan stimulus-respon, model belajar kognitif merupakan suatu bentuk teori belajar yang sering disebut sebagai model perseptual. Model belajar kognitif mengatakan bahwa tingkah laku seseorang ditentukan oleh persepsi serta pemahamannya tentang situasi yang berhubungan dengan tujuan belajarnya. Belajar merupakan perubahan persepsi dan pemahaman yang tidak selalu dapat terlihat sebagai tingkah laku yang nampak.
Dalam pembelajaran yang dilakukan techer Toni menekankan bahwa bagian-bagian dari suatu situasi saling berhubungan dengan seluruh konteks situasi tersebut. Memisah-misahkan atau membagi-bagi situasi/materi pelajaran menjadi komponen-komponen yang kecil-kecil dan mempelajarinya secara terpisah-pisah, akan kehilangan makna. Pembelajaran yang dilakukan teacher Toni mencakup ingatan, retensi, pengolahan informasi, emosi, dan aspek-aspek kejiwaan lainnya. Belajar merupakan aktifitas yang melibatkan proses berpikir yang sangat kompleks.
Proses belajar yang dilakukan teacher Toni antara lain mencakup pengaturan stimulus yang diterima dan menyesuaikannya dengan struktur kognitif yang sudah dimiliki dan terbentuk di dalam pikiran seseorang berdasarkan pemahaman dan pengalaman-pengalaman sebelumnya.
Menurut hemat kami, teori pembelajaran kognitif sangat cocok dilakukan, dengan pembelajaran yang mengutamakan proses maka siswa akan bisa menyerap pelajaran dengan baik sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing, tidak harus memaksakan kompetensi yang tidak mampu dipelajari, karena teori kognitif memilah-milah dan mengklasifikasikan siswa sesuai dengan kemampuannya dan membaginya dalam kelompok kecil, selain itu guru sudah merencanakan proses pembelajaran yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran kognitif.

Share:

No comments:

Post a Comment

Blogroll

Popular Post

Labels

Followers

Blog Stats

Blog Archive

Label List


AD (728x90)

Label Cloud

Popular Posts

Labels Cloud

Recent Posts