Koneksi Antar Materi Modul 1.3
Visi Perubahan Berdasarkan
Nilai Filosofi Ki Hadjar Dewantara
Nilai filosofi Ki Hadjar
Dewantara yang utama berkaitan dengan
bagaimana konsep mendidik yaitu mendidik sesuai kodrat alam dan kodrat zaman
sang anak yang berarti mendidik sesuai tahapan tumbuh kembang anak. Sebagai
pendidik tidak boleh memaksakan pencapaian anak di luar kodrat tumbuh kembangnya.
Begitu juga dalam menjalankan
peran sebagai guru penggerak, harus mengimplementasikan nilai guru penggerak
yang berpihak pada peserta didik. Bagaimana implementasi sikap guru yang
berpihak pada peserta didik ini? Wujud dari keberpihakan pada peserta didik bisa
di lihat dari strategi pembelajaran, pengaturan ruang kelas, tempat duduk,
desain gambar dan pajangan karya siswa di kelas yang mendukung keberpihakan
pada peserta didik. Bagaimana desain pembelajaran yang sesuai dengan nilai
berpihak pada peserta didik yaitu desain pembelajaran yang menyenangkan,
inovatif dan berpusat pada peserta didik. Bagaimana percakapan kita dengan guru
lain/topik diskusi adalah berfokus pada peserta didik. Apapun yang kita lakukan
dalam perubahan di sekolah hendaknya selalu berorientasi pada peserta didik.
Dalam Modul 1.2 calon guru penggerak di bekali pengetahuan
tentang 5 nilai yang harus dimiliki untuk bisa mewujudkan visi sebagai guru
penggerak. Salah satu nilai yang utama adalah Berpihak pada murid. Dengan
memegang teguh nilai yang berpihak pada murid dan mengaplikasikan nilai ini
untuk mewujudkan visi perubahan, maka proses perubahan untuk mewujudkan visi
murid yang merdeka belajar akan terwujud. Dalam modul 1.3 calon guru penggerak
harus membuat sebuah visi untuk murid yang akan diterapkan dalam sebuah rencana
perubahan dengan menggunakan pendekatan Inkuiri Apresiatif model BAGJA. BAGJA adalah
sebuah model perencanaan perubahan yang memiliki alur atau tahapan dari
perencanaan perubahan hingga eksekusi atau aksi nyata yang dilakukan dalam
mewujudkan perubahan yang diinginkan.
Profil Pelajar Pancasila
Sebagai Tujuan Utama
Sejatinya profil pelajar
pancasila merupakan nilai atau karakter peserta didik yang harus ditumbuhkan
agar pesertaidik dapat mencapai kebahagiaan dan kesuksesan hidup bermasyarakat
Profil pelajar pancasila
merupakan sebuah kompetensi lulusan yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik.
Profil pelajar Pancasila berisi 6 karakter dan kompetensi yang harus dimiliki,
dan sebagai guru keenam karakter dan kompetensi harus kita tumbuhkan di ruang
kelas dan sekolah dengan berpijak pada konsep bagaimana karakter bertumbuh.
Untuk mewujudkan perubahan pada diri peserta didik dengan keenam karakter
profil pelajar Pancasila, seorang guru harus mengelola perubahan di kelas,
memulai perubahan dengan melibatkan semua komponen pemangku kepentingan di
sekolah, memetakan semua potensi atau kekuatan positif yang dimiliki oleh
peserta didik, guru, dan semua pemangku kepentingan. Dengan berkolaborasi dan
melibatkan semua aset, maka perubahan atau usaha penumbuhan karakter Pancasila
melalui usaha membuat aturan/ regulasi sekolah dan menerapkan
kebiasaan-kebiasaan baik /budaya sekolah yang mencerminkan karakter profil
Pancasila, maka karakter tersebut akan tertanam dalam diri peserta didik.
Pendekatan Inkuiri
Aspiratif Sebagai Strategi Mewujudkan Visi
Setelah memahami Filosofi
pendidikan KHD sebagai landasan pedagogis dalam melakukan perubahan menuntun
anak didik sesuai kodratnya, dengan melaksanakan nilai dan peran guru penggerak
yang selalu berpihak pada anak didik. Maka untuk melaksanakan perubahan pola
didik kita dari pola lama menuju pola didik yang sesuai Filosofi KHD Perlu
sebuah strategi yang tepat untuk Mewujudkan perubahan. Pada modul 1.3 itu para
CGP diperkenalkan dengan strategi untuk mengelola perubahan tersebut yang
dikenal dengan Pendekatan Inkuiri
Apresiatif.
Untuk mewujudkan perubahan
dengan menggunakan pendekatan kolaboratif IA, seorang guru harus memahami bahwa
pendekatan ini berbasis pada kolaborasi, dengan melakukan pemetaan komponen
pemangku kepentingan di sekolah sebagai sebuah aset atau sumber daya untuk
membangun kekuatan positif mewujudkan visi anak didik.
Rumusan Visi
Pada Modul 1.3 ini, calon guru
penggerak diharapkan menyusun sebuah visi untuk peserta didik yang diharapkan
langsung bisa diwujudkan dalam sebuah aksi nyata yang akan diaplikasikan di
sekolah. Sehingga perlu kiranya disusun visi agar memudahkan dalam
implementasi, sehingga bisa dengan mudah menciptakan perubahan secara terencana
dan terukur.
VISI UNTUK MURID
Terwujudnya Peserta Didik yang Kompeten, Berdaya Saing dan
Berkarakter Profil Pelajar
Perubahan yang Paling
diperlukan di Sekolah/ di Kelas untuk mewujdukan visi di atas adalah:
1.
Menumbuhkan
keberanian berpendapat
2.
Menumbuhkan kreativitas
peserta didik
3.
Meningkatkan keaktifan
peserta didik
4.
Meningkatkan kolaborasi
antar peserta didik
5.
Menumbuhkan daya
nalar kritis pada peserta didik
No comments:
Post a Comment