MEKANISME KATUP (ENGINE PART 2)

Fungsi
Fungsi dari mekanisme katup adalah mengatur pemasukan gas baru ke dalam silinder dan mengatur pengeluaran gas bekas pembakaran keluar dari silinder.
Mekanisme katup hanya terdapat pada jenis motor 4 langkah dimana berdasarkan konstruksinya terdapat dua jenis katup yaitu katup masuk dan katup buang.

Konstruksi
Setiap silinder dilengkapi dengan dua jenis katup yaitu katup masuk dan katup buang. Pembukaan dan penutupan kedua katup ini diatur dengan sebuah poros yang disebut poros kam (camshaft).
Sehingga silinder motor empat langkah memerlukan satu atau dua poros cam, yaitu cam katup masuk dan cam katup buang. Poros cam diputar oleh poros engkol melalui transmisi roda gigi atau rantai. Poros cam berputar dengan kecepatan setengah putaran poros engkol (perbandingan putaran 2 : 1). Jadi, diameter roda gigi pada poros cam adalah dua kali diameter roda gigi pada poros engkol. Oleh karena itu lintasan pena engkol menjadi setengah kali lintasan poros cam.
Jenis – jenis penggerak mekanisme katup
Jenis penggerak mekanisme katup sepeda motor ada beberapa jenis, antara lain :
a) Overhead Valve / OHV
Poros kam berada pada bagian bawah/blok silinder dan katup ada dikepala silinder, penggerakan poros penekan katup melalui push rod/batang hantar yang digerakkan poros kam.
b) Over Head Camshaft / Single Over Head Camshaft (OHC/SOHC)
Poros kam/cam shaft dan katup ada dikepala silinder, jumlah poros kam ada 1 melayani katup hisap dan katup buang.
c) Double Over Head Cam Shaft / DOHC
Penggerak katup dengan 2 poros kam / cam shaft dan katup berada dikepala silinder 1 poros kam melayani katup masuk dan poros kam yang satunya melayani katup buang.

Share:

No comments:

Post a Comment

Blogroll

Popular Post

Labels

Followers

Blog Stats

Label List


AD (728x90)

Label Cloud

Popular Posts

Labels Cloud

Recent Posts