MEMELIHARA SISTEM TRANSMISI MANUAL (Part 1)

Prinsip Dasar Momen dan Fungsi Transmisi 

Transmisi sepeda motor merupakan rangkaian komponen atau suatu sistem yang meneruskan tenaga dari engine, di mulai dari ruang bakar (combustion chamber) sampai roda penggerak. Bergeraknya sepeda motor menghasilkan putaran, momen dan kecepatan. Transmisi merupakan sistem dan terdiri dari komponen-komponen yang dapat merubah momen dan kecepatan. Transmisi harus dapat menghasilkan berbagai kebutuhan torsi dan tenaga pada roda, motor dengan kapasitas muatan ringan dan berat dapat berjalan dengan baik pada berbagai kondisi jalan.

Sepeda motor berjalan datar atau menanjak membutuhkan tenaga, untuk itu perlu beberapa bentuk roda gigi mekanisme perubahan momen dan kecepatan. Momen rendah akan digunakan untuk bergeraknya sepeda motor dengan kecepatan tinggi. Momen besar akan digunakan untuk awal
bergeraknya sepeda motor dan berjalan di tanjakan. Momen besar akan menghasilkan kecepatan rendah dan sebaliknya, momen kecil akan menghasilkan kecepatan tinggi. Dengan perubahan momen (torsi) dan kecepatan bertujuan untuk efisiensi bahan bakar pada sepeda motor.
 
Transmisi harus dapat menghasilkan berbagai kebutuhan torsi dan tenaga di roda kendaraan, sehingga kendaraan dengan kapasitas muatan besar atau kecil dapat berjalan dengan baik pada berbagai kondisi jalan. Momen yang besar tidak dibutuhkan saat kecepatan tinggi, pada saat motor menempuh jalan rata, momen mesin cukup untuk mengerakkan sepeda motor.

Prinsip kerja dasar transmsi dapat dijelaskan pada gambar di bawah, untuk menghasilkan putaran lambat, roda gigi kecil menggerakkan roda gigi besar. Momen putar yang dihasikan besar, karena jari-jari roda gigi yang terputar lebih besar.

Rumus momen yang dihasikan sebesar M = Fu x r2
Dimana M = momen, Fu = gaya usaha, r2 = jari-jari di roda gigi 2.
Rumus kecepatan putar yang dihasikan sebesar rpm = (n1 : n2) x putaran input = rasio x putaran input
n = jumlah roda digerakkan, n2 = jumlah roda gigi penggerak
 
Untuk menghasilkan putaran cepat, roda gigi besar menggerakkan roda gigi kecil. Momen putar yang dihasikan kecil, karena jari-jari roda gigi penggerak lebih kecil.
Rumus momen yang dihasikan sebesar M = Fu x r1
Dimana M = momen, Fu = gaya usaha, r1 = jari-jari di roda gigi 1.
Dimana: N = kecepatan putar (rpm) T = jumlah gigi 
 
Fungsi transmisi adalah :
a. Menyalurkan momen dari mesin (engine) ke roda.
b. Mentransfer tenaga mesin ke penggerak akhir yang selanjutnya unit bisa bergerak.
c. Meningkatkan momen putar pada unit (tenaga putar / torque)
d. Memutuskan dan menyambung kembali putaran mesin ke ke roda penggerak unit.
e. Mengubah kecepatan gerak dan torsi
f. Menyamakan tenaga yang di distribusikan ke roda penggerak
Share:

No comments:

Post a Comment

Blogroll

Popular Post

Labels

Followers

Blog Stats

Label List


AD (728x90)

Label Cloud

Popular Posts

Labels Cloud

Recent Posts