SISTEM KENDARAAN (Part 1)


Jenis kendaraan menurut tenaga yang dipergunakan sebagai penggerak

a.       Kendaraan bertenaga otot: kendaraan jenis ini seperti tandu, gerobak, kereta kuda dan sejenisnya.
b.      Kendaraan bertenaga alam: kendaraan jenis ini seperti pesawat terbang layang tanpa mesin, perahu layar dll.
c.       Kendaraan bertenaga motor: kendaraan jenis ini bisa kendaraan dengan mesin uap, motor listrik, motor bensin dan motor diesel.

Jenis kendaraan menurut wilayah operasi dan peruntukannya

a.       Kendaraan darat: Kendaraan jenis ini seperti kereta api, bus, truck, trailer, jeep, sedan fan dan sebagianya
b.      Kendaraan laut: kendaraan jenis ini seperti kapal laut bermesin maupun tidak bermesin.
c.       Kendaraan udara: kendaraan jenis ini seperti pesawat terbang, roket, Apollo dan lain sebaginya.

Persyaratan kendaraan nyaman

Pada dasarnya kendaraan diciptakan oleh manusia sebagai karya teknologi adalah untuk memudahkan urusan manusia itu sendiri. Persyaratan kendaraan tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan manusia untuk mendapatkan kemudahan dan kenyamanan, dan yang terpenting adalah adanya nilai-nilai kemaslahatan umat manusia.  Untuk mendapatkan kondisi nyaman bagi manusia tentu harus disesuaikan dengan ukuran kenyamanan manusia (habitual). Parameter-parameter kenyamanan tersebut dapat diukur dari:
a.       Relative Humidity (RH) %:  Kondisi nyaman ruang tempat tinggal manusia pada hakekatnya berada pada kelembaban relative, RH, antara 40 – 70%. Kurang atau selebihnya dari range tersebut akan menyebabkan rasa kurang nyaman bagi manusia penghuni ruangan tersebut, untuk itu kondisi tersebut haruslah diupayakan semaksimal mungkin.
b.      Temperature ruangan kendaraan: Tempat tinggal nyaman atau ruangan kendaraan perlu dijaga antara 10 – 27 derajat Celsius. Kurang atau lebih dari range tersebut akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penghuninya. Temperature yang sangat rendah atau terlalu tinggi akan memerlukan energy yang tinggi bagi manusia untuk melawan panas tersebut.
c.       Kecepatan angin didalam kendaraan: Selain dari aspek a dan b diatas bahwa kecepatan angin perlu dijaga agar sirkulasi dapat terjadi secara kontinyu dan tidak terdapat sudut mati atau tidak ada pergantian udara pada sudut ruang tertentu. Syarat nyama kecepatan udara didalam ruangan tidak boleh melebihi 0.25 m/sec. Namun sirkulasi yang terlalu rendah akan menghambat perputaran pergantian udara.
d.      Tingkat kebisingan: Selain dari int c diatas bahwa sirkulati yang terlalu tinggi akan menibulkan kebisingan ruangan. Untuk itu batas kebisingan perlu diatasi secara baik.
e.       Tingkat getaran atau vibrasi: Getaran dari kendaraan haruslah diupayakan agar penumpang dalam kendaraan bisa merasa nyaman. Perjalan dalam kendaraan yang nyaman menjadikan pengendara dan penumpang tidak merasa lelah karenaya.
Dari beberapa persyaratan kenyamanan diatas, efektifitas kerja manusia akan senantiasa optimum walaupun tingkat moblitas dari manusia sangat tinggi.

Bagian-bagian Kendaraan

Secara garis besar bagian-bagian dari kendaraan meliputi:
a.       Kerangka dan chasis
b.      Roda, ban dan velg
c.       Pegas dan Suspensi (Shock absorber, stabilizer)
d.      Steering sistem (Manual, power hidraulik maupun elektrik)
e.       Sistem Rem (Break system)
g.      Transmisi (Transmition)
h.      Gardan (diffensial gear) 
i.        Front axle dan Rear axle
j.        Body kendaraan
k.      Sistim mirror, Sistim kelistrikan dan sensor  
l.    Sistem Air Conditioner (AC)
     m.   Wind shield dan wiper
Share:

No comments:

Post a Comment

Blogroll

Popular Post

Labels

Followers

Blog Stats

Label List


AD (728x90)

Label Cloud

Popular Posts

Labels Cloud

Recent Posts