JELANG PEMILU, RSJ BERBENAH


Sekilas judul di atas tidak ada hubungannya sama sekali. Bagaimana tidak, antara pemilu dengan RSJ (Rumah Sakit Jiwa) adalah dua hal yang sangat jauh, bahkan bisa dibilang tidak nyambung. Tapi, apa dikata, inilah fakta sosial. Fakta yang ada telah menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pemilu dengan RSJ.
Bukan pelaksanaan pemilunya yang menghubungankan dengan RSJ, tapi peserta pemilu. Siapa lagi kalau bukan para caleg (Calon Legislatif) yang depresi ketika tidak terpilih. Alih-alih merubah nasib agar bisa hidup lebih layak dengan mencalokan diri sebagai anggota dewan, sehingga dengan segala cara dilakukan caleg untuk meraih tujuannya (terpilih sebagai anggota dewan). Bahkan uang ratusan jutapun bisa digelontorkan hanya untuk pemenangan dalam pemilu. Hal inilah yang membuat banyak caleg yag stres ketika mereka tidak bisa memenuhi hasyratnya untuk duduk di kursi legislatif. Tentu masih sangat jelas dalam pikiran kita bagaimana pemilu 5 tahun yang lalu, bagaimana para caleg yang gagal dan tidak bisa terima kenyataan harus menginap di RSJ atau bahkan ada yang mencoba bunuh diri. Semua itu terjadi hanya karena para caleg tidak bisa terima kenyataan yang mana notabene mereka sudah mengeluarkan banyak uang dan melakukan segala cara, bahkan cara yang tidak logispun dilakukan dengan datang ke dukun. Tapi, apa dikata keputusan tertinggi hanya di tanganNYA.
Karena fakta tersebut, RSJ pun tidak mau kerepotan pasca pemilu. Belajar dari pemilu sebelumnya. sehingga mulai jelang pemilu tahun banyak RSJ yang berbenah dengan menambah kamar, fasilitas RSJ atau sekedar pengurus para gangguan kejiawaan. Tidak lain dan tidak bukan hal ini dilakukan hanya untuk persiapan pasca pemilu yang diprediksi akan melahirkan banyak orang stres.
Tentukan bukan seperti pemilu tahun lalu yang diharapkan, tapi pemilu yang sehat, caleg yang lebih dewasa dan bisa menerima kalah atau menanglah yang sangat diharapkan agar tercipta suasana demokrasi yang ideal di negeri tercinta ini. Semoga....!!!
Share:

No comments:

Post a Comment

Blogroll

Popular Post

Labels

Followers

Blog Stats

Label List


AD (728x90)

Label Cloud

Popular Posts

Labels Cloud

Recent Posts