MEDIA dlm KEHIDUPAN SOSIAL*)

Media merupakan hal yang sangat geming mengelilingi kehidupan manusia, manusia tidak bisa jauh dari yang namanya media. Bahkan secara tidak langsung kehidupan manusia diarahkan oleh media, dari gaya hidup, kebiasaan, cara bicara dll. Tapi sangat disayangkan bahwa media sekarang banyak kepentingan dan banyak pula yang kurang mendidik. Banyak sekali acara-acara di televisi yang sifatnya hanya sekedar hiburan tanpa memperhatikan unsure pendidikan di dalamnya, bahkan tidak sedikit pula yang menyajikan acara tanpa makna, seperti sinetron yang marak di televisi dengan alur cerita yang penjang tanpa kejelasan.
Di era kapitalis ini yang namanya media tidak jauh dari pemilik modal, sedangkan pemilik modal yang dipikirkan hanya satu yakni keuntungan. Acara-acara yang ditayangkan ditelevisi sedikit banyak memberi pengaruh kepada penonton, baik itu pengaruh positif maupun negative, pada kenyataannya pengaruh negative lebih dominan didapatkan oleh penonton. Penonton cenderung diarahkan oleh media ke arah yang kurang baik. Oleh karena itu kita sebagai kaum intelek harus melek media dalam arti kita harus bisa memilah dan memilih acara-acara yang dibawakan oleh media. Kita harus bisa dengan cerdas melakukan filterisasi terhadap media. Selain itu harus perlu ditingkatkan kesadaran untuk memilah dan memilih acara televisi.
Filterisasi sangat diperlukan dalam memilah dan memilih media/acara dalam televisi untuk menanamkan nilai-nilai positif yang disajikan dalam acara televisi tersebut. Sehingga media dapat membawa manusia kearah yang lebih baik, penyadaran kepada mesyarakat adalah yang sangat penting. Ketika sudah tertanam kesadaran dalam memfilter media, maka manusia hanya sebatas mengambil yang baik dan mengolah hal yang buruk menjadi lebih baik. Bahkan mungkin bias dimulai dengan membentuk media komunitas untuk melakukan counter hegemoni terhadap media, dengan mengembangkan ide-ide sederhana yang nantinya dapat dimuat dalam media dalam berbagai bentuk. Atau yang lebihekstrim kita bias menciptakan gerakan sehat nonton TV, karena TV merupakan barang yang selalu menemani kita, utamanya ketika kesepian dan kesepian akan menjadi bahaya kalau tidak didasari dengan cara berpikir yang sehat,.
Mengutip dari ungkapan orang arab, apabila rumahmu dipnggir pantai, jangan larang anakmu utnktuk bermain-main di pantai, tapi ajarilah anakmu berenang. Begitu pula dengan media, jangan pernah melarang anakmu untuk menikmati media (menonton TV), tapi arahkan anakmu untuk bisa mefilter yang baik dan dapat mengambil unsur-unsur pendidikan di dalamnya.
*)Sedikit resume hasil diskusi RESIST pada hari jum’at 18-02-2011 di warung cak MUSE yang diantar oleh Himawan Susanto, M. Si.
Share:

No comments:

Post a Comment

Blogroll

Popular Post

Labels

Followers

Blog Stats

Label List


AD (728x90)

Label Cloud

Popular Posts

Labels Cloud

Recent Posts