SUMPAH PEMUDA, SUMPAHNYA SIAPA??




28 Oktober, hari yang banyak digandrungi oleh pemuda, hari dimana telah diperingati sumpah pemuda. Seperti yang telah diketahui bahwa pada tanggal 28 Oktober 1928 dicetuskan sumpah yang diucapkan oleh pemuda Indonesia saat itu. Sumpah yang di dalamnya berisi tentang janji para pemuda Indonesia untuk mencintai tanah airnya, bangsanya dan bahasanya. Sumpah ini dikenal dengan sebutan “Sumpah Pemuda”. Peristiwa sumpah pemuda sangatlah syakral, hal ini ditengarahi dengan perjuangan pemuda Indonesia dalam melawan penjajah dan bercita-cita untuk membebaskan Indoensia dari penjajahan. Bahkan bisa dibilang pada saat itu benih-benih persatuan antar pemuda tumbuh karena adanya sumpah pemuda.
Begitu kerasnya perjuangan para pemuda zaman dulu mungkin tidak sebanding dengan pemuda zaman sekarang. Zaman sekarang banyak pemuda Indonesia yang menganggap persatuan kurang penting, lebih mementingkan diri sendiri dan terkesan hedonis terhadap gejala sosial yang ada. Banyak sekali dari pemuda Indonesia yang masih tidak peduli dengan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, bahkan pemuda saat ini lebih suka memperbesar isu-isu yang mengarah pada perpecahan dan juga lebih egois, merasa dirinya paling benar sehingga mudah sekali tersulut amarahnya. Hal ini bisa dilihat dari fenomena sosial yang akhir-akhir ini terjadi, mulai dari tawuran pelajar, supporter sampai perkelahian antar perguruan silat.
Melihat fenomena yang ada saat ini, bagaimana dengan inti dari sumpah pemuda yang dideklarasikan oleh Pemuda Indonesia 89 tahun yang lalu? Apakah sumpah pemuda hanya berlaku untuk pemuda Indonesia saat itu dan sudah usang dipakai oleh pemuda saat ini? Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan besar yang seharusnya direnungkan oleh pemuda Indonesia pada peringatan Hari Sumpah Pemuda, bukan hanya bernostalgia dan euforia belaka. Jadi, mari para pemuda kita hilangkan rasa egois yang melekat pada diri, mari bersatu untuk masa depan Negara Indonesia yang lebih baik, jangan hanya menjadikan peringatan sumpah pemuda sebagai ritual belaka, tapi mari mengaplikasikan nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan yang nyata, tetap berfastabiqul khairat karena pemuda adalah tombak keberlangsungan kemajuan sebuah Negara.
Share:

No comments:

Post a Comment

Blogroll

Popular Post

Labels

Followers

Blog Stats

Label List


AD (728x90)

Label Cloud

Popular Posts

Labels Cloud

Recent Posts