SOAL ENGINE


1.     Urutan kerja atau Standart operasional prosedur otomotif  dibawah ini yang paling benar adalah …
a.     Persiapan, hasil, proses pekerjaaan         , Pelaporan
b.     Hasil, Persiapan, Proses pekerjaan, Pelaporan
c.     Persiapan, Proses pekerjaan, hasil, Pelaporan
d.     Pelaporan, hasil, proses pekerjaan, persiapan
e.     Persiapan, proses pekerjaan, pelaporan, hasil     
2.     Kepanjangan dari VVT-I adalah …
a.     Vacuum valve timing with intelegence
b.     Valve vacuum time with injection
c.     Variable  vacuum timing with intelegence
d.     Variable valve timing with intelegence
e.     Variable valve timing with injection         
3.     Mengembalikan performance engine tanpa melakukan pergantian spare part merupakan definisi….
a.     Servis Engine                 d. servis Ringan
b.     Tune Up                                    e. Overhoul
c.     Servis berat
4.     KOnstruks mekanisme katup yang sering dipakai pada kendaraan VVT-I adalah ….
a.     DOHC                            d. DOHV
b.     SOHC                           e. SOHV
c.     OHV
5.     Setelan celah katup yang biasa dipakai pada mesin bensin dengan kondisi pinton standart adalah ….
a.   IN 0,15 mm; EX 0,25 mm
b.     IN 0,20 mm; EX 0,30 mm
c.     IN 0,15 mm; EX 0,20 mm
d.     IN 0,20 mm; EX 0,25 mm
e.     IN 0,30 mm; EX 0,30 mm
6.     Setelan celah katup yang biasa dipakai pada mesin bensin dengan kondisi pinton OVERSIZE adalah ….
a.     IN 0,15 mm; EX 0,25 mm
b.     IN 0,20 mm; EX 0,30 mm
c.     IN 0,15 mm; EX 0,20 mm
d.     IN 0,20 mm; EX 0,25 mm
e.     IN 0,30 mm; EX 0,30 mm
7.   Akibat penyetelan celah katup yang tidak sesuai adalah, kecuali.
a.     Knoking
b.     Suara berisik
c.     Putaran idle terganggu
d.     Tenaga mesin berkurang
e.     Getaran mesin lebih stabil
8.   Urutkan prosedur penyetelan celah katup
1. panaskan mesin kemudian matikan
2. Memutar 360°kemudian menyetel katup yang bias disetel
3. Menepatkan tanda Timing
4. Tepatkan silinder no 1 pada TOP kompresi……………
a.     1-2-3-4                         d. 4-3-2-1
b.     1-3-2-4                         e. 4-1-2-3
c.     1-3-4-2
9.     Urutan Firing order (FO) pada mesin 4 silinder deangan menggunakan pengapian transistor adalah ….
a.     1-2-3-4                         d.   1-4-2-3
b.     1-3-4-2                         e.   1-2-4-3
c.     1-4-3-2
10.  Kepanjangan dari SAE adalah ….
a. Society Automotive Engineer
b. Society Automotive Engineering
c. Standart Automotive Engine
d. Standart Automotif Engine
e. Society Automotive Engine
11.  Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam pemeriksaan oli  mesin pada pekerjaan Tune Up adalah 
a.     Viscositas, Kekentalan    d. Viscositas, Kualitas
b.     Kekentalan, Kuantitas     e. Kekentalan, SAE
c.     SAE, Titik API
12.  Fungsi poros engkol adalah…
a.     Merubah gerak kinetic menjadi gerak mekanis
b.     Merubah gerakan putar menjadi gerak mekanis
c.     Merubah timing belt agar posisi camshaft sedikit maju
d.     Merubah gerak putar menjadi gerak lurus beraturan
e.     Merubah gerak lurus bolak balik (translasi) menjadi gerak putar


13.  UNDER SIZE merupakan salah satu istilah pekerjaan  untuk …
a.     Memperkecil diameter dalam silinder
b.     Memperbesar diameter dalam silinder
c.     Memperkecil diameter poros engkol
d.     Memperbesar diameter poros engkol
e.     Menstabilkan ukuran silinder dengan poros engkol
14.  OVER SIZE merupakan salah satu istilah pekerjaan  untuk …
a.     Memperkecil diameter dalam silinder
b.     Memperbesar diameter dalam silinder
c.     Memperkecil diameter poros engkol
d.     Memperbesal diameter poros engkol
e.     Menstabilkan ukuran silinder dengan poros engkol
15.  Pernyataan berikut ini yang benar tentang hubungan antara celah platina dan sudut dweel adalah
a.     Celah platina kecil sudut dweel kecil
b.     Celah platina besar sudut dweel besar
c.     Celah platina kecil sudut dweel besar
d.     Celah platina besar sudut dweel tetap
e.     Celah platina tetap sudut dweel kecil
16.  Alat yang berfungsi untuk mengetahui putaran mesin adalah
a.     Dweel tester                  d. Multi tester
b.     Tacho meter                  e. Compretion tester
c.     Timing Ligh
17.  Alat yang berfungsi unntuk mengetahui saat pengapian adalah
a.     Dweel tester                  d. Multi tester
b.     Tacho meter                  e. Compretion tester
c.     Timing Ligh
18.  Bagian pekerjaan dibawah ini yang BUKAN termasuk bagian dari pekerjaan Tune up adalah …
a. Pemeriksaan  Dinding silinder
b. Pemeriksaan Celah katup
c. Pemeriksaan system pendingin
d. Pemeriksaan Kabel tegangan tinggi
e. Pemeriksaan Berat jenis baterai
19.  Bagian motor atau Engine berikut ini perlu mendapat pelumasan, kecuali
a. Bantalan                          d. Torak dan dinding silinder
b. Mekanisme katup             e. Timing belt
c. Batang torak
20.  Suatu motor bakar yang dalam satu kali proses kerjannya diselesaikan dalam dua kali putaran poros engkol adalah
a.     Motor bakar torak          d. Motor 2 Tak
b.     Motor diesel 4 tak           e. motor 4 tak
c.     Motor bensin 4 tak


Share:

No comments:

Post a Comment

Blogroll

Popular Post

Labels

Followers

Blog Stats

Label List


AD (728x90)

Label Cloud

Popular Posts

Labels Cloud

Recent Posts