SISTEM PENGALIRAN BAHAN BAKAR ELEKTRONIK (EFI)

 

Secara prinsip pengaliran bahan bakar yang dikontrol secara elektronis adalah sama dengan yang mekanis, dimana hasil akhir pengalirannya disaluran dalam ruang bakar melalui saluran masuk (intake manifold) sudah dalam bentuk gas (kabut), namun yang berbeda adalah komonenkomponennya.


Adapun bagan dan nama komponen sistem pengaliran bahan bakar yang dikontrol secara elektronis adalah seperti gambar di bawah ini

 

Prinsip kerja dari sistem di atas adalah bahan bakar di dalam tangki dialirkan menuju injektor dengan cara dipompa sampai mencapai tekanan ± 3 bar dengan maksud agar semprotan di injetor bisa berbentuk kabut halus sehingga mudah bercampur dengan udara.

Pemompaan bahan bakar agar tekanan yang masuk pada injektor stabil maka perlu dipasang Pengatur tekanan bahan bakar (Fuel pressure regulator), bagan aliran bahan bakar seperti terlihat pada gambar di bawah ini 

 

Keterangan
Sistematika pengaliran bahan bakar : Tangki bensin --> Filter hisap bensin --> pompa bensin --> Pressure regulator --> kembali ke tangki bensin (Pada pressure regulator mengatur tekanan yang masuk ke slang bensin secara konstan menuju injector).

Waktu penyemprotan pada injektor selalu di kendalikan oleh perangkat elektronik yang disebut electronic control unit (ECU) agar sesuai dengan kebutuhan mesin baik ditinjau dari sisi waktu penyemprotan maupun volume penyemprotan

Komponen utama pada sistem pengaliran bahan yang dikontrol secara elektronis

a) Pompa listrik bahan bakar
Berfungsi mengalirkan bahan bakar dengan tekanan tinggi menuju injektor melalui saluran bahan bakar (fuel feed hose)

 

b) Fuel Injector (Penyemprot bahan bakar)
Berfungsi menginjeksikan (menyemprotkan) bahan bakar pada saluran masuk, dalam bentuk kabut bensin yang sangat halus Pembukaan katup injector diatur secara elektro magnetis oleh ECU (Electronic Control Unit)

 

Katup jarum akan membuka secara elektromagnetis dan terputusputus.
Volume bahan bakar yang diinjeksikan tergantung pada lamanya pembukaan injector (timing injection/injection duration).

Keterangan: a bagus; b,c, dan d tidak bagus (jelek)

Share:

No comments:

Post a Comment

Blogroll

Popular Post

Labels

Followers

Blog Stats

Label List


AD (728x90)

Label Cloud

Popular Posts

Labels Cloud

Recent Posts